Rabu, 21 Mei 2008

perangkat pendukung

PERANGKAT PENDUKUNG

Hardware

Hampir semua aspek manusia tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat untuk menulis dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah diganti peran komputer, kasir di sebuah toko ( supermarket ) sudah mengunakan peralatan otomatis berupa komputer, untuk menganimasi foto juga menggunakan komputer, dan masih banyak lagi bidang–bidang kehidupan manusia yang sudah menggunakan peralatan komputer.

Hardware terdiri dari :

§ Motherboard

adalah board utama pada system unit dan pada motherboard ini dapat di pasangkan pada CPU, sehingga akan menentukan jenis dan system suatu computer.

§ CPU ( central processing unit )

merupakan tempat pemroses instrusi-instrusi program yang ada pada komputermikro yang disebut dengan micro-processor. Pemrosesan ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC.

§ Memory

CPU hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proses program. Untuk mengatasi hal ini, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpanan yang berkapasitas lebih besar yaitu memori utama.

§ Floppy disk drive

Fungsi disk drive adalah sebagai alat baca dan tulis ke disket. Standar pemakaian disk drive terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25’’ dan 3,5’’ yang masing-masing memiliki kapasitas Double Density dan High Density. Floppy disk 5.25’’ kapasitasnya adalah 360 Kbytes untuk (DD) dan 1,2 Mbytes untuk (HD) sedangkan floppy disk 3,5’’ kapasitasnya 720 Kbytes untuk (DD dan HD).

§ Mouse

adalah untuk menggerakan kursor.

§ Keyboard

merupakan serangkaian fungsi alat elektronik yang dapat menghasilkan data yang berupa huruf, angka atau lambang yang berupa sinyal-sinyal digital dengan lebar data bus 8 bit.

§ Prosessor

Processor merupakan rangkaian chip yang berfungsi sebagai otak dari CPU tempat pengolahan data diprosesnya intruksi-intruksi. Tanpa processor maka suatu unit komputer tidak dapat dijalankan. Processor biasanya berbentuk kotak dan berwarna gelap dengan rangkaian kaki dibawah yang berhubung dengan motherboard dan yang terpisah dengan motherboard. Processor yang terpisah dengan motherboard lebih efektif efesien terutama apabila terjadi kerusakan atau ingin ditingkatkan kinerjanya. Cukup dengan mengganti motherboard atau processor-nya saja tidak perlu keduanya.

Tipe processor :

~ 486, 586, Pentium 1,Pentium 2,3,4, AMD K7, Duron/ Thunderbird 700 Mhz.

¨ VGA CARD

VGA Card adalah suatu piranti perangkat lunak sebagai perubah dari data digital yang diproses dalam CPU (central processing unit) menjadi data analog yang kemudian ditampilkan oleh monitor.

¨ Disket

Disket adalah media penyimpanan yang terbuat dari plastik tipis dan dilapisi dengan lapisan magnetik serta terbungkus dengan bahan pelindung. Disket disebut juga floppy disk, mini floppy disk atau flexible disk. Disket terorganisasi menjadi beberapa lingkaran konsentris yang disebut track dan potongan-potongan yang melingkar disebut sector. Banyaknya informasi yang mampu direkam di permukaan disket tergantung dari density (kepadatan / kerapatan) disket itu sendiri.

Jenis dan Ukuran disket :

~ Singel Sided Singel Density (SSSI), satu sisi kepadatan tunggal.

~ Singel Sided Double Density (DSDD), satu sisi kepadatan ganda.

~ Double Sided Singel Density (DSSI), dua sisi kepadatan tunggal.

~ Double Sided Double Density (DSDI), dua sisi kepadatan ganda.

~ High Density (HD)

Kapasitas Disket :

~ 5.25" 360KB, 720KB, 1.2MB

~ 3.50" 720KB, 1.44MB

~ 3.50" khusus (ZIP Disk) : 100MB, 500M
¨ Hardisk

Hardisk adalah salah satu media penyimpanan yang terbuat dari piringan kertas yang bersifat elektromagnetik.

Dalam Hardisk biasanya digunakan system cylinder, yaitu kumpulan dari nomor track yang sama.

Bentuk hardisk :

~ Slim, yaitu Hardisk dengan bentuk fisik luar standar.

~ Big Foot, yaitu Hardisk dengan bentuk fisik luar yang besar.

~ Mini, yaitu Hardisk dengan bentuk fisik luar kecil.

Kapasitas Hardisk :

~ 640MB, 1.2GB, 5GB, 10GB, 20GB, 40GB, 80GB.

¨ Monitor

Monitor merupakan layar yang berupa tabung sinar Cathoda Ray Tube (CRT) untuk menampilkan input sekaligus output dari keyboard ke monitor disebut juga sebagai Video Display Terminated (VDT) dan Visual Display Unit (VDU). Tampilan Monitor dilakukan dengan sinar electron ketitik di layar yang disebut Picture Element atau lebih sering dikenal Pixel.

Jenis monitor :

~ Monochrome, yaitu hanya menggunakan warna tunggal, biasanya hijau atau putih dengan dasar hitam atau gelap.

~ Color, menggunakan tiga warna dasar yaitu: Merah, Biru dan Hijau yang dapat dikombinasikan untuk memperoleh warna yang diinginkan pada layar. Terdapat beberapa macam monitor Color yaitu : CGA, VGA, SVGA, dan XGA.

Software

Perkembangan software telah tumbuh dengan pesat sejak beredarnya computer di pasaran. Dengan semakin murahnya computer, semakin banyak orang memilikinya dan pemakaian computer dibutuhkan perangkat lunak seperti program Windows 98, Windows ME, Windows XP, Windows Longhorn, M. Word, M. Exel, Adobe photoshope, Corel, Power point dll.

Sistem jaringan

Konsep dasar computer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan computer MODEL 1 di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang di pimpin professor H. Aiken. Pada system TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah hots computer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi computer dan teknologi komunikasi yang pada awalnya bekembang sendiri-sendiri.

Pada tahun 1970-an, maka mulailah konsep proses distribusi. Proses ini mengerjakannya dengan cara parallel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara eri di setiap hots computer. Karena selain proses yang harus di distribusikan, semua hots computer wajib melayani terminal terminal dalam satu perintah dari computer pusat. Untuk itu mulailah berkembangnya teknologi jaringan local yang dikenal dengan sebutan LAN. LAN merupakan sejumlah computer yang saling di hubungkan bersama didalam suatu area tertentu yang tidak begitu luas.

Tidak ada komentar: